Bukan BUMN-nya, Anggota DPR: Direksi Bermental KKN yang Harus Dibubarkan! | Pranusa.ID

Bukan BUMN-nya, Anggota DPR: Direksi Bermental KKN yang Harus Dibubarkan!


Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto. (Foto: Runi/rni)

PRANUSA.ID — Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto menilai pembubaran perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkinerja buruk merupakan opsi yang keliru lantaran hanya menjadi solusi jangka pendek dan bukan jangka panjang.

Menurutnya, masalah sesungguhnya yang terjadi dalam perusahaan plat merah tersebut adalah mental orang-orang di dalamnya yang kerap mempraktikkan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Masalah di BUMN yang paling utama adalah bagaimana mencari orang yang kapabel untuk memimpin BUMN tersebut dan punya jiwa entrepreneur, bukan jiwa KKN,” katanya pada Kamis (21/10/2021).

“Kenyataan, anak-anak perusahaan diduduki orang yang enggak jelas kompetensinya dan direksi perusahaan induk banyak merangkap jabatan,” ujarnya.

Untuk itu, Darmadi merasa pembubaran perusahaan BUMN bukan merupakan solusi yang tepat. Menurutnya, para direksi bermental KKN yang harusnya dibubarkan.

“Mestinya saya kira yang harus dibubarkan itu direksi-direksi bermental KKN. Perusahaan yang masih bisa diselamatkan, harus dicari jalan keluar. BUMN yang under capacity harus dinaikkan kapasitasnya,” pungkas Darmadi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menutup perusahaan pelat merah yang tidak efektif.

“Kalau yang lalu-lalu BUMN-BUMN-nya terlalu keseringan kita proteksi, sakit tambahi PMN, sakit suntik PMN. Maaf, terlalu enak sekali,” ungkap Jokowi.

“Kalau Pak Menteri [BUMN] ‘Pak ini ada seperti ini perusahaan kondisinya, BUMN’, kalau saya, langsung tutup saja,” tegasnya.

Penulis: Jessica Cornelia Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top