Papua Youth Creative Hub Gencar Lakukan Pemberdayaan Masyarakat | Pranusa.ID

Papua Youth Creative Hub Gencar Lakukan Pemberdayaan Masyarakat


FOTO: Hasil panen jagung masyarakat binaan Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Sumber: Metro

PRANUSA.ID– Papua Youth Creative Hub (PYCH) inisiasi Papua Muda Inspiratif (PMI) menjadi kebanggaan baru bagi para pemuda di Papua. PYCH adalah sebuah wadah kreatif yang memberikan ruang dan dukungan bagi para pemuda Papua yang ingin mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang.

Hingga saat ini, PYCH gencar melakukan pemberdayaan Masyarakat Papua, melalui anak-anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI). Mereka merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Pmi memiliki program prioritas di 2022, di antaranya pengembangan perikanan, pertanian jagung hingga sagu, Program ini juga merupakan arahan Presiden Joko widodo untuk ketahanan pangan.

Saat ini, PMI memberdayakan masyarakat dengan mengelola ratusan hektare lahan jagung, yang tersebar di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Di antaranya di Manokwari seluas 26 hektare, Sorong 10 hektare, Fakfak 400 hektare, Jayapura 105,6 hektare, Keerom dua hektare dan Merauke 25 hektare, di Tambrauw tersedia lahan 400 hektare, yang sudah diusahakan 200 hektare dan 70 hektar sudah panen.

Nantinya akan terintegrasi dengan industri di sektor hilir, seperti industri pakan ternak hingga industri makanan seperti pabrik tepung maizena, gula jagung dan lainnya.

Masyarakat bersama PMI juga sudah beberapa kali melakukan panen raya, dengan menghasilkan ratusan ton jagung, seperti di Jayapura, Tambrauw dan Merauke.

Tidak hanya jagung, sagu juga menjadi salah satu prioritas, melalui modernisasi pengolahan sagu. Yaitu, menghadirkan mesin pengolah sagu bagi petani sagu di lahan sagu Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Mesin ini, dapat membuat pekerjaan petani lebih efisien dari segi waktu maupun tenaga. Dari lahan sekitar 100 hektare, petani akan mampu memproduksi sagu 20 karung berisi 30 kilogram untuk satu pohon sagu.

Sementara di sektor perikanan, PMI juga memiliki Kelompok Pembudidaya Ikan Papua dan Papua Barat. Di antaranya di sebelas usaha perikanan budidaya existing, 60 kelompok pembudidaya ikan dengan sistem keramba jaring apung (kja) di Danau Sentani, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kab. Jayapura, Papua. Ada puluhan ribu ikan yang dibudidaya hingga beberapa kali melakukan panen.

Selain itu, ada juga tiga kelompok pembudidaya ikan dengan sistem bioflok, di antaranya di Kampung Nolokla, distrik Sentani Timur Kab. Jayapura, Papua. Ada belasan ribu ikan yang dibudidaya dengan memberdayakan puluhan orang.

Hadirnya PYCH, menjadi bukti komitmen pemerintah  Presiden Joko Widodo dan juga dukungan Kepala BIN Budi Gunawan, yang selalu mendorong anak muda  untuk menjadi yang terdepan, dalam menemukan cara-cara baru yang inovatif, terutama di era digital.

Pemerintah berharap, program-program ini, akan melahirkan generasi emas Papua yang akan menjadi motor penggerak kemajuan dan kesejahteraan Tanah Papua.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top